Senin, 04 Desember 2017

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui

Area Ketawa - Informasi Menarik | 8 Misteri Bangsa Arya Yang menarik Untuk Kalian Ketahui. Bangsa Arya merupakan bangsa pengembara dan salah satu bangsa tertua yang memiliki peradaban paling maju pada masa itu. Istilah "Arya" menjadi kontroversi dalam arkeolgi dunia dikarenakan kemisteriusannya yang selalu menjadi bahan perdebatan. Menurut Adolf Hitler, bangsa Jerman merupakan keturuan langsung dari bangsa Arya sehingga menjadikan salah satu simbol bangsa Arya (Swastika) sebagai simbol dan lambang Nazi. 

Sampai saat inipun belum ada fakta dan informasi yang pasti mengenai kehidupan bangsa Arya yang tertimbun oleh masa. Pada kesempatan kali ini, informasi menarik Area Ketawa akan mengulas 8 misteri bangsa arya yang menarik untuk kalian ketahui.

1. Asal Mula Kata Arya

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui
Sumber Foto : Ancient Origins
Kata "Arya" berasal dari bahasa Sansekerta, Arti kata "Arya" tidak sepenuhnya dapat dipahami. Beberapa pakar percaya bahwa kata itu berarti "mulia" atau "murni". Karena tidak memiliki konotasi rasial, arya mengacu pada kualitas budaya yang dimuliakan dalam teks Sansekerta yang suci. 

Kebingungan atas kata yang dikembangkan pada abad ke-19 ketika "Arya" beralih ke kata benda. Para ilmuwan dengan keliru menganggap bahwa "Arya" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan nenek moyang semua orang Indo-Eropa. Bangsa nasionalis Jerman menjiwai istilah ini dengan muatan rasial - menempatkan diri di puncak hierarki rasial dan menjadikan diri mereka sebagai pewaris yang sah dari semua teks Sanskerta suci. Istilah itu tenggelam lebih jauh ke dalam rawa ketika para ilmuwan menentukan bahwa tanah air asli orang-orang Arya berada di utara dan bahwa orang-orang itu berasal dari Nordik. Meskipun gagasan ini telah dibantah, definisi yang salah tentang "Arya" tetap ada dalam budaya populer.

2.Peradaban Lembah Indus

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui
Sumber Foto : harappa.com
Selama beberapa dekade, para ilmuwan percaya bahwa migrasi Arya ke benua tersebut adalah salah satu penaklukan. Orang awam yang gemilang melintasi Kush Hindu dan mengayunkan budaya Dravida yang "inferior". Bagi banyak orang, ini adalah indikasi yang jelas tentang superioritas peradaban Arya. Peradaban Lembah Indus adalah salah satu yang paling canggih dari dunia kuno. Komunitas petani berkembang sekitar 4000 SM, dengan urbanisasi (termasuk sistem saluran bawah tanah yang kompleks) yang terjadi sekitar tahun 2500 SM. 

Namun, sekitar 1800 SM sungai yang memberi kehidupan mulai bergeser. Sungai Saraswati mengering atau menjadi rawan banjir dahsyat. Pertanian daerah mulai gagal seiring dengan tatanan masyarakat. Sehingga mereka mulai berpindah dari Asia Tengah memasuki India utara untuk menemukannya tempat tinggal baru dan menempati bekas-bekas hunian yang ditinggalkan oleh orang-orang Dravika.

3. Tanda Tangan Genetik Bangsa Arya

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui
Sumber Foto : thehindu.com
Pada tahun 2011, peneliti dari Pusat Biologi Seluler dan Molekuler Hyderabad menyatakan bahwa migrasi bangsa Arya adalah sebuah mitos. Menurut Dr. Lalji Singh, Tidak ada bukti nyata yang dibawa oleh orang Indo-Arya saat bermigrasi ke India. Studi genetik India sebelumnya hanya berfokus pada mtDNA yang diwarisi dari para ibu. Studi baru-baru ini berfokus pada kromosom Y laki-laki. Mereka menemukan bahwa 17,5 persen garis keturunan laki-laki India termasuk dalam kelompok hatchlog R1a. Ahli genetika percaya bahwa tanda tangan genetik ini muncul di padang rumput Pontic-Caspian dan menyebar di Asia Tengah, Eropa, dan Asia Selatan antara 5.000 dan 3.500 tahun yang lalu. Periset percaya bahwa orang Asia Tengah tiba di India membawa R1a dan bahasa Indo-Eropa.

4. Bahasa Arya

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui
Sumber Foto : Wikimedia
Bahasa Sanskerta adalah bahasa suci Hinduisme. Menurut legenda, Dewa Brahmana menciptakan bahasa Sanskerta dan memberikannya kepada orang bijak. Pada era milenium kedua SM, telah dibukukan dalam bentuk tertulis dalam kumpulan nyanyian suci yang dikenal sebagai Rig Veda.

Selama pemerintahan kolonial, orang-orang Eropa dengan cepat melihat kesamaan antara bahasa Sanskerta dan Prancis, Inggris, Rusia, dan Farsi. Sebuah teori berkembang bahwa mereka semua adalah keturunan dari bahasa kuno yang dikenal sebagai Indo-Eropa. Karena bahasa-bahasa India Selatan berasal dari keluarga bahasa Dravida dan bukan Indo-Eropa, arkeolog Inggris Mortimer Wheeler mengusulkan teori "Aryan Invasion ". yang menyatakan bahwa perantau Asia Tengah menyapu benua itu pada Zaman Perunggu, menyebabkan runtuhnya Peradaban Lembah Indus, dan muncul sebagai kekuatan budaya yang dominan di daerah tersebut.

5. Keturunan Terakhir Bangsa Arya

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui
Sumber Foto : aljazeera.com
Tersembunyi di dataran tinggi Himalaya di Kashmir, Brogpas mengklaim sebagai bangsa Arya murni terakhir yang tinggal di beberapa desa dengan ketinggian 3.000 meter (10.000 kaki) di Lembah Arya, Brogpas tetap terpisah secara kultural dan genetika selama berabad-abad. 

Mereka masih menutup diri dari peradaban modern dan melarang keras pernikahan dengan orang luar. Namun pada tahun 2010, pemerintah India mendorong untuk membuka desa-desa pegunungan ini kepada wisatawan.

6. Sistem Kasta

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui
Sumber Foto :  factsanddetails.com
Melacak asal mula sistem kasta India dengan kedatangan bangsa Arya ke benua sekitar 1500 SM. Para ilmuwan telah lama percaya bahwa sistem hirarki kelas ditetapkan untuk memformalkan hubungan antara pendatang baru dan penduduk asli yang mereka anggap inferior. Penggunaan kata "Dasas" atau "Dasyi," yang keduanya diterjemahkan menjadi "budak", menunjukkan bahwa sistem tersebut mungkin telah tumbuh dari perbudakan penduduk asli daerah ini.

Sistem kasta terdiri dari empat klasifikasi berdasarkan pendudukan. Kasta Brahmana (pendeta) menempati puncak. Setingkat dibawahnya adalah Kasta Kshatryias (pejuang). Di bawah mereka adalah para pedagang dan petani yang dikenal sebagai Vaishyas. Dan kasta pasling bawah dalam piramida adalah Sudras (buruh). Kata India untuk kasta adalah varna ("warna"). Ini memberi kepercayaan pada kenyataan bahwa orang-orang Arya berkulit terang menggunakan sistem ini sebagai alat untuk menindas penduduk asli Aborigin yang lebih gelap. 

7. Kota Aryan Yang Belum Digali

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui
Sumber Foto : ancient-code.com
Pada tahun 2010, arkeolog Rusia mengumumkan penemuan kota-kota Arya kuno di padang rumput Siberia bagian selatan. Hingga 4.000 tahun yang lalu, 20 permukiman berbentuk spiral ini menyaingi ukuran negara-negara kota Yunani dan masing-masing dirancang untuk menampung 1.000-2.000 individu. Kota-kota tersebut pertama kali dieksplorasi lebih dari dua dekade yang lalu. Namun, lokasi terpencil mereka telah membuat mereka hampir tidak dikenal sampai saat ini.

Para ahli percaya bahwa mungkin ada sebanyak 50 pemukiman lagi yang bisa ditemukan. Para peneliti juga menemukan peralatan, kereta, penguburan kuda, dan tembikar. Simbol kuno dari Matahari dan kehidupan kekal ini telah lama dikaitkan dengan bangsa Arya sebelum diadopsi oleh Nazi. Sementara permukiman ini benar-benar Indo-Eropa, tidak ada bukti langsung bahwa orang-orang inilah yang kemudian menetap di India utara.

8. Tanah Kelahiran Bangsa Arya

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui
Sumber fotoDeingel
Setelah lama berdebat tentang lokasi tanah kelahiran bangsa Arya, para ilmuwan sekarang melihat ke padang rumput antara Laut Hitam dan Laut Kaspia. Para pakar mengacu pada budaya Zaman Perunggu para pastoralis Asia Tengah sebagai Yamnaya. 

Dengan kereta beroda dan bahasa Indo-Eropa, Yamnaya menyebarkan budaya dan gen mereka ke timur dan barat. Tidak ada bukti arkeologis yang pasti untuk menghubungkan Yamnaya dengan anak benua. Namun di India, sisa-sisa arkeologi dari transisi budaya antara peradaban Lembah Indus dan era Veda kurang. Hal ini yang menimbulkan suatu kesalahan untuk menyebut Yamnaya sebagai bangsa Arya.

Demikian informasi menarik Area Ketawa, semoga postingan ini semakin menambah wawasan kita. Terima kasih telah mengunjungi halaman ini, jangan lupa untuk like dan follow akun sosial areaketawa8 untuk mendapatkan update artikel terbaru dari kami. 

INTIP JUGA :


Bagikan

Jangan lewatkan

8 Misteri Bangsa Arya Yang Menarik Untuk Kalian Ketahui
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Enter your email address:

Berkomentarlah Dengan Bijak !! Saling Menghargai ! Kalo bisa yang Lucu !!